Melayani dengan Hati

Profil YAKKUM

YAKKUM adalah lembaga sosial gerejawi yang didirikan pada tanggal 1 Februari 1950 oleh Sinode Gereja-gereja Kristen Djawa dan Gereja-gereja Kristen Indonesia Djawa Tengah sebagai wujud keterpanggilan dalam upaya penyembuhan yang mengutuhkan.

YAKKUM pada awalnya bernama Jajasan Roemah-roemah Sakit Kristen di Djawa Tengah (JRSK), disahkan oleh Notaris Tan A Sioe di Semarang dengan Akta Nomor 6 Tahun 1950. Sejalan dengan perkembangan pelayanan kesehatan di Indonesia dan dunia (WHO) serta perkembangan ilmu pengetahuan kesehatan, maka pada tanggal 5 Desember 1964 JRSK berubah nama menjadi Yayasan Kristen Untuk Kesehatan Umum, disingkat YAKKUM.

YAKKUM adalah lembaga pelayanan umum yang melayani seluruh masyarakat Indonesia tanpa membedakan suku, agama, kepercayaan, ras serta golongan.

YAKKUM memberikan prioritas pelayanan kepada mereka yang miskin dan tersisih, dengan tetap memperhatikan kelestarian pelayanan.

YAKKUM yang mempunyai maksud dan tujuan di bidang sosial dan kemanusiaan menjalankan kegiatan dengan mendirikan sarana dan menyelenggarakan pelayanan kesehatan serta penunjangnya, mendirikan sarana dan menyelanggarakan pendidikan dari tingkat PAUD sampai dengan pendidikan tinggi, serta mendirikan tempat ibadah.

Di tahun 2020 ini YAKKUM mengelola 12 Rumah Sakit, 14 Klinik, 4 Unit pelayanan kemanusiaan/kesehatan masyarakat, serta 3 Unit Pendidikan.